Pemerintah Tantang Pihak Swasta Bangun Infrastruktur

Sebarkan :

 
Pembangunan tol yang membentang Kota Depok.

Pembangunan tol yang membentang Kota Depok.

Depokrayanews.com- Pemerintah Indonesia memberi kesempatan kepada sektor swasta untuk mengejar pembangunan infrastruktur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan pihaknya  telah memberikan kesempatan yang luas kepada pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, air minum, dan bendungan.

“Swasta diberi kesempatan, kalau swasta tidak tertarik, kita menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU), bila masih tidak menarik, penugasan BUMN,” kata Basoeki dalam pameran Indonesia Infrastructure Week 2016 di JCC Senayan, Rabu (9/11).

Menurut Basoeki. salah satu proyek yang banyak melibatkan dana investasi badan usaha saat ini adalah jalan tol Balikpapan-Samarinda. Proyek tersebut  menggunakan investasi badan usaha dan dukungan pemerintah.

Tol sepanjang 60 kilometer tersebut dijalankan swasta setelah sebelumnya mangkrak. “APBN hanya di jembatan Manggar, APBD cuma 10 kilometer, dikeroyok jadinya. Tapi yang lebih banyak investasinya, karena dari 99,2 kilometer, 60 kilomeyer lebih dari investasi,” kata dia.

Basoeki mengatakan, pihaknya sudah meminta Jasamarga dan Waskita Karya untuk segera mendata aset jalan tol mana saja yang siap dilepas ke swasta. Misalnya, kata dia, Jasamarga telah  memiliki rencana akan melepas saham tidak dominan. Pun halnya dengan Waskita Karya.

“Itu sudah ada beberapa opsi yang akan dilepas, jadi tidak perlu untuk memiliki tapi dijual untuk mendapatkan modal bangun lain lagi yang sudah operasi yang dilepas,” katanya. (rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Angka Kesembuhan Covid di Indonesia Terus Meningkat

Depokrayanews.com- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, jumlah kasus kesembuhan secara nasional mengalami ...