by

Ribuan Armada Disiapkan untuk Hadapi Liburan Natal dan Tahun Baru

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.

Depokrayanews.com- Kementerian Perhubungan menyiapkan ribuan sarana angkutan umum dan jalan guna menghadapi liburan Natal dan tahun baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sudah mengevaluasi kejadian pada Natal 2015 dan Idul Fitri 2016.

“Kejadian tidak menyenangkan di tahun lalu semoga tidak terulang kembali tahun ini,” kata Budi pada rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Armada angkutan darat yang disiapkan itu adalah 44.871 bus, terdiri bus AKAP, bus dalam provinsi, dan bus pariwisata yang disiagakan di 45 terminal bus.

Sedangkan jumlah angkutan sungai, danau, dan penyeberangan disiapkan 181 kapal ro-ro. Angkutan kereta api 442 lokomotif, yakni 414 lokomotif stamformasi dan 28 lokomotif cadangan.

Sedangkan jumlah kereta yang disiapkan 1.547 kereta siap operasi, 1.386 kereta stamformasi, dan 161 kereta cadangan. Sementara angkutan laut disiapkan kapal sebanyak 1.112 di 52 pelabuhan.

Angkutan udara, sebanyak 498 pesawat dan 35 bandar udara disiagakan. Untuk angkutan jalan difokuskan pada titik di 13 provinsi dan 45 terminal. Angkutan sungai, danau, dan penyeberangan di delapan lintas penyeberangan utama.

Adapun angkutan laut pada 52 pelabuhan laut, angkutan udara 35 bandara. Sedangkan kereta api pada sembilan daerah operasi dan empat daerah regional perkeretaapian. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *