by

Wapres Hadiri Haul Habib Umar Bin Hood Alatas dan Milad Majelis Dzikir Riyadhul Jannah

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri haul ke-23 ulama besar Indonesia Habib Umar Bin Hood Alatas, di Masjid Syech Muhammad Yusuf, Depok, sekaligus Milad Majelis Dzikir Riyadhul Jannah ke-16.

“Saya hari ini menghadiri haul ulama besar Umar bin Muhamamd bin Hood yang banyak sekali muridnya. Orang yang dianggap sangat dekat dengan Allah SWT. Banyak memberikan berkah kepada masyarakat yang membutuhkan, dan tuntunan-tuntutannya sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat,” kata Wapres, Sabtu 20 Agustus 2022 lalu.

Selain Wapres, acara itu juga dihadiri Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar dan Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono.

Habib Umar Bin Hood Alatas dianggap sosok panutan dengan sejuta cerita karomah yang selalu menyertainya, dengan keikhlasan yang selalu mendakwahkan agama dan ajaran Rasulullah SAW.

Habib Umar Bin Hood Alatas dilahirkan di Hadramaut, persisnya di Yaman Selatan. Beliau datang ke Indonesia pada usia muda sambil berdagang kain di Tanah Abang dan tinggal pertama kalinya di daerah Kwitang Jakarta Pusat.

Bahkan, sejak muda beliau menimba ilmu agama di Hadramaut. Sampai akhirnya beliau hijrah ke Jakarta pada tahun 1940-an untuk menemui kedua orang tuanya, Habib Muhammad bin Hasan bin Ali bin Hud Al-Athtas yang telah terlebih dulu menetap di Kwitang Jakarta.

Wapres mengagumi sosok Habib Umar sebagai guru. Bahkan, Habib Umar termasuk sosok orang yang dapat menyelenggarakan maulid terbesar di dunia.

Tidak heran jika majelis maulidnya selalu ramai dan puluhan ribu jammiyyah dari segala penjuru dunia datang ketempatnya karena nama besar dan kiprahnya yang sudah dikenal di dunia.

“Bukan sahabat, mungkin guru lebih tepatnya. Beliau memang sikapnya selalu dalam bahasa agama itu, sikapnya itu selalu tanpa harus bicara pun beliau menunjukkan orang untuk membawa pengaruh kepada kita dalam mebawa kebaikan,” kata Wapres.

Sementara, Majelis Dzikir Riyadhul Jannah Depok pimpinan Habib Abubakar Bin Salim Bin Umar Bin Hood Alatas berdiri sejak 16 tahun lalu, didirikan oleh Habib Abubakar, didukung Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok. ”Majelis Dzikir Riyadhul Jannah dari awal berdiri 16 tahun lalu, selalu berdikir bersama dengan TNI dan Polri,” kata Habib Abubakar kepada depokrayanes.com, Kamis 25 Agustus 2022

”Dakwah di dalam Majelis Riyadhul Jannah ini untuk merangkul seluruh lapisan masyarakat, terutama Umat Islam,” tambah Habib Abubakar.

Kegiatan majelis, antara lain pembacaan Dzikir Ratib Alatas dan pembacaan Riwayat Mauid Nabi Muhammad SAW. Majelis ini sering kali dihadiri pejabat pemerintah pusat dan pemerintah Kota Depok, termasuk artis. Jemaah datang dari berbagai di Jawa Barat dan DKI Jakarta. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *