by

Bank Dunia Setujui Pinjaman Indonesia Rp 7 Triliun

-Ekonomi-327 views

Depokrayanews.com- Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar US$ 500 juta atau setara Rp 7,05 triliun (kurs Rp 14.100).

Pinjaman tersebut untuk memperkuat ketahanan keuangan dan fiskal Indonesia. Kemudian untuk memperkuat respons finansial terhadap bencana alam, risiko iklim, dan guncangan terkait kesehatan.

“Kesiapsiagaan finansial menghadapi bencana, guncangan iklim, dan krisis kesehatan seperti Covid-19 semakin penting bagi Indonesia,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan resmi Bank Dunia, Kamis, 21 Januari 2021.

Menurut Sri Mulyani, dukungan dari Bank Dunia tersebut akan membantu pemerintah memberikan respons yang lebih tepat sasaran dan tepat waktu, mengurangi dampak bencana dan membantu melindungi kemajuan pembangunan Indonesia.

Dari 2014 hingga 2018, pemerintah telah membelanjakan sekitar US$ 90 juta hingga US$ 500 juta setiap tahun untuk tanggap bencana dan pemulihan. Sementara itu, pemerintah daerah diperkirakan mengeluarkan tambahan US$ 250 juta pada periode yang sama.

Biaya bencana diperkirakan semakin meningkat karena perubahan iklim dan pertumbuhan kota, menambah beban belanja publik. Kebutuhan tersebut dianggap sangat mendesak sekarang, dengan Indonesia mengalami berbagai dampak keuangan, fiskal, dan sosial akibat pandemi Covid-19. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed