by

FAO Tunjuk Dr Yurdi Yasmi sebagai Wakil Kepala FAO untuk Benua Afrika

Depokrayanews.com- Dr.Yurdi Yasmi, salah satu putra terbaik Indonesia kembali dipercaya memegang posisi penting di Food and Agriculture Organization (FAO), lembaga pertanian dan pangan PBB.

Yurdi Yasmi baru saja ditunjuk sebagai Wakil Kepala FAO untuk benua Afrika (Deputy Regional Representative for Africa).

Sebagai orang kedua untuk FAO di Afrika, alumi IPB dan Wageningen University ini, punya tugas berat terutama dalam program swasembada pangan, pengentasan kemiskinan, peningkatan nutrisi dan pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

“Saya sudah memulai tugas baru ini, mohon doa-nya semoga bisa mengemban tugas ini dengan baik” kata Yurdi Yasmi yang kini sudah berada di Accra, Ghana kantor pusat FAO untuk Benua Afrika, Selasa 31 Agustus 2021.

Dr Yurdi Yasmi sudah malang melintang berkarir dikancah internasional. Sebelum bergabung dengan FAO beliau adalah Direktur IRRI (International Rice Research Institute) untuk Asia Tenggara.

Sebelumnya Yurdi menjabat sebagai Koordinator Pertanian Berkelanjutan di FAO untuk kawasan Asia-Pasifik di Bangkok, Koordinator Program ICRAF untuk kawasan Mekong di Hanoi, Manejer di RECOFTC – Centre for People and Forests di Bangkok, peneliti di Wageningen University di Belanda dan peneliti di CIFOR (Lembaga Penelitian Kehutanan Internasional) di Bogor.

Anak desa Tanjung Jati, Kecamatan Guguk, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat itu sudah mengepalai proyek-proyek pembangunan dan penelitian di lebih 20 negara termasuk Afganistan, Korea Utara, India, Myanmar, Nepal, Timor Leste, Kamboja, Vietnam, Fiji, dst.

Karena sering bertugas di luar negeri, Yurdi fasih berbahasa Inggris, Spanyol, Thailand dan Belanda.

Aktif dalam berbagai organisasi Dr Yurdi Yasmi pernah menjadi Wakil Presiden Indonesian Diaspora Network Global, Presiden Diaspora Indonesia di Thailand, ketua PPI Belanda, dll.

Alumi pertukaran pelajar AFS ini juga pernah sebagai Mahasiswa Teladan Nasional dari IPB dan Siswa Teladan SMP mewakili Sumatra Barat.

Selamat bertugas, Dr Yurdi Yasmi semoga semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.(red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *