by

Kemenhub Siapkan 350 Bus untuk Mudik Gratis ke Jawa Tengah dan Jawa Barat

DEPOKRAYANEWS.COM- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan layanan mudik gratis untuk 10.500 penumpang via jalur darat tujuan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi minat masyarakat mudik menggunakan sepeda motor.

“Kami sudah dapat perintah dari Pak Menteri, dan sudah kita siapkan SE kita akan siapkan 350 bus mudik gratis tahun ini dengan mengangkut penumpang sekitar 10.500 penumpang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kepada wartawan, Jumat 8 April 2022.

Total bus yang disiapkan itu adalah untuk melayani masyarakat yang mudik sebanyak 270 bus kapasitas 8.100 orang dan untuk balik sebanyak 80 bus dengan kapasitas 2.400 orang.

Kemenhub juga akan menyediakan 34 truk angkut kendaraan pemudik secara gratis dengan kapasitas 1.020 unit sepeda motor. Yakni yang mudik 17 truk kapasitas sekitar 510 motor dan balik 17 kapasitas 510 sepeda motor.

Kemenhub hanya menyiapkan tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Barat karena hasil survei Kemenhub menyatakan pemudik terbanyak itu tujuannya ke Jawa Tengah.

Jawa Barat tujuannya Tasikmalaya, Garut, dan Cirebon. Sementara Jawa Tengah ke Tegal, Semarang, Kudus, Solo, Wonogiri, Purwerejo, Purwokerto, dan Cilacap.

Meski begitu, Budi mengatakan waktu keberangkatan belum ditentukan yang jelas antara 27,28,29 April 2022. Dia mengatakan saat ini Kemenhub masih akan mematangkan layanan mudik gratis ini.

Pendaftaran mudik gratis ini bisa dilakukan mulai pekan depan secara online dan offline dengan mengisi formulir manual di lokasi pendaftaran. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *