by

Pemerintah Gelontorkan Rp 30 Triliun untuk Proyek Ibu Kota Baru di 2023

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan anggaran belanja di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 senilai Rp 27 triliun sampai Rp30 triliun untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) baru.

“Tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan ibu kota negara baru, yaitu antara Rp 27 triliun sampai Rp30 triliun,” kata Sri Mulyani pada konferensi pers di Istana Negara, Kamis 14 April 2022.

Menurut Sri Mulyani, dana itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, seperti akses jalan. Kemudian juga untuk membangun gedung pemerintahan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, dana akan digunakan untuk membangun berbagai simpul konektivitas dan membangun sarana prasarana pendidikan. Begitu juga untuk sarana prasarana di bidang kesehatan, ketahanan, dan keamanan.

Anggaran pembangunan IKN ini masuk dalam pos anggaran infrastruktur dengan total mencapai Rp 367 triliun sampai Rp402 triliun pada tahun depan.

Selain untuk IKN, anggaran infrastruktur juga akan digunakan untuk menyelesaikan berbagai program-program penting, seperti perumahan, air minum, dan pengolahan air limbah. Selanjutnya, untuk membangun pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang dan jaringan irigasi selain infrastruktur konektivitas.

“Untuk infrastruktur, tahun depan masih akan diberikan anggaran yang cukup signifikan,” kata Sri Mulyani sambil menyebut pembangunan jalan, jembatan, kereta api, dan bandara hingga infrastruktur di bidang teknologi informasi seperti satelit dan BTS. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *