Pengamat Politik: Bukan Saatnya Lagi Prabowo Bertarung dalam Kontestasi Capres 2024

Sebarkan :

 

Prabowo Subianto

Depokrayanews.com- Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consultant Pangi Syarwi Chaniago menilai Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sudah tak relevan untuk maju sebagai capres pada tahun 2024. Menurut dia, Prabowo lebih tepat bila menyiapkan tokoh sebagai capres.

“Kalau beliau menyiapkan kader, kehebatan beliau ini kan king maker,” kata Pangi seperti dilansir, Republika, Senin 8 Juni 2020.

Menurut dia, kemampuan Prabowo dalam mendukung kader memang memiliki sejarah tersendiri. Pada Pilkada DKI Jakarta 2012 silam, Gerindra mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk berpasangan dengan kader PDIP Joko Widodo. Mereka memenangi pilkada tersebut.

Prabowo juga memilki peran dalam koalisi yang mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam kemenangan Pilkada DKI 2047. Pangi menilai, sudah bukan saatnya lagi Prabowo bertarung dalam kontestasi capres 2024. “Jadi, lebih baik dari sekarang beliau mempersiapkan siapa yang akan beliau usung,” ujarnya.

Dengan mengambil peran tersebut, sosok yang didukungnya dapat memanfaatkan efek ekor jas dari Prabowo. Hal ini juga dapat dimanfaatkan Partai Gerindra untuk menaikkan elektabilitasnya.

“Pengaruh coat-tail effect maju sebagai capres ikut mendongkrak elektabilitas. Berbeda apabila Prabowo tidak maju bertarung dalam kontestasi elektoral,” ujar Pangi.

Ia juga menilai terpilih kembalinya Prabowo sebagai ketua umum Gerindra bukan berarti akan memastikan kemenangan Prabowo sebagai capres. Ia mengatakan, hal tersebut wajar dalam kondisi parpol di Indonesia yang masih bersifat sentralistik.

Untuk mendongkrak Gerindra, analis politik dari UIN Syarif Hidayatullah itu justru menilai Prabowo harus bisa menyiapkan kader baru. Kader tersebut tentunya harus memiliki narasi baru yang segar.

“Jadi, ke depan beliau (Prabowo) harus memunculkan sosok tokoh yang punya kebaruan pikiran, narasi, dan terobosan, dan tokoh-tokoh muda. Seusia beliau itu tidak ada lagi yang bertarung. Terlalu memaksakan diri,” kata Pangi. (mad/rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prof Akmal Taher Mundur dari Ketua Bidang Kesehatan Satgas Covid-19

Depokrayanews.com- Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Akmal Taher, mengundurkan diri dari ...