by

Prabowo Diprediksi Unggul Bila Berpasangan dengan Erick Thohir Ketimbang Gibran dan Khofifah

Depokraynews.com– Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto lebih unggul secara signifikan dari kedua rivalnya apabila memilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres ketimbang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka atau Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Secara umum siapapun yang dipilih oleh Prabowo itu dia tetap cenderung unggul tipis dibandingkan dengan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Tapi keunggulan cukup signifikan kalau Prabowo memilih Erick sebagai cawapresnya ,” kata
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam acara daring, Kamis 19 Oktober 2023.

Menurut Djayadi dalam simulasi tertutup tiga paslon, Anies-Muhaimin mendapatkan 22,9 persen suara, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 32,3 persen; Prabowo-Erick 38 persen; sementara 6,9 persen lainnya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Kemudian apabila Prabowo berpasangan dengan Khofifah, elektabilitas mereka berada di 36,3 persen; sementara Ganjar-Mahfud 33 persen; Anies-Muhaimin 23,4 persen; dan 7,3 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Sedangkan elektabilitas Prabowo-Gibran tak jauh berbeda dengan Khofifah, yakni 36,3 persen. Kemudian di saat bersamaan, Ganjar-Mahfud 33,1 persen; dan Anies Muhaimin 23,5 persen.

“Tapi yang perlu dipahami, ini situasi sebelum putusan Mahkamah Konstitusi 16 Oktober,” ujarnya.

Djayadi menyebut temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 2-8 Oktober 2023. Responden survei merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak pilih pada Pemilu. Penarikan sampel menggunakan metode random digit dialing (RDD).

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.620 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Kemudian ukuran sampel 1.206 responden itu memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Survei Polling Institute sebelumnya turut mencatat nama Erick Thohir mengungguli sejumlah nama dalam bursa bacawapres pendamping Prabowo Subianto.

Erick sejauh ini dikenal diusulkan PAN untuk menjadi bacawapres Prabowo di KIM. Selain itu, beberapa waktu terakhir nama Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, juga masuk favorit jadi bacawapres Prabowo.

Dalam hasil survei terbaru yang dirilis Polling Institute, elektabilitas Erick yang juga dikenal sebagai Ketua Umum PSSI itu mencapai 37,1 persen.

“Pada simulasi 3 nama pilihan wakil presiden untuk Prabowo, Erick Thohir 37,1 persen, Gibran 20,7 persen, dan Khofifah 14,8 persen lainnya 3,5 persen, sementara belum menjawab 23,9 persen,” kata peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam paparannya. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *