by

Profil Dedi Supandi, Pejabat Sementara Walikota Depok

Dedi Supandi

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil melantik Dedi Supandi sebagai pejabat sementara (Pjs) Walikota Depok, Jumat 25 September 2020. Saat ini Dedi masih menjabat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar.

Meski masih muda, tapi prestasi Dedi cukup gemilang. Laki kelahiran Majalengka 12 Juni 1976 itu merupakan lulusan Cum Laude Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Tahun 1999.

Padahal sebelum dinyatakan lulus dan diterima di STPDN, Dedi diterima di Universitas Padjajaran melalui jalur UMPTN. Ketika sedang mengikuti penataran P4 di Unpad, orangtua Dedi datang mengabarkan kalau dia diterima di STPDN. Sesuai anjuran kedua orang tuanya, Dedi akhirnya meninggalkan kampus Unpad dan masuk ke STPDN.

Dedi kecil memang banyak di kampung halamannya, Majalengka, mulai dari SD di SD Negeri Bumi Asih, Kabupaten Majalengka. Lulus SD pada 1989 lalu, kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Rajagaluh, Kabupaten Majalengka dan lulus tahun 1992. SMA pun di Majalengka lulus Tahun 1995.

Selain senang membaca buku, Dedi juga aktif mengikuti sejumlah pendidikan dan latihan (diklat), seperti Latsarmenrit (Latihan Dasar Mental Keprajuritan) pada 1995, diklat pengkaderan pada tahun 1998 terpilih diklat kader dengan jabatan Kepala Dinas Pendidikan, setelah mengikuti Diklat Prajabatan pada 1996 dan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tahun 1998.

Masih di STPDN, Dedi pun dapat menuntaskan S2 pada 2005 dengan status memuaskan. Kala itu, Dedi sudah menjabat sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) di Kecamatan Margacinta, Kota Bandung.

Sebelumnya pada 1999, Dedi jadi pelaksana Bagian Pemdes Kota Bandung. Nah tahun 2000 saya lurah di Antapani Kidul lalu setelah itu jadi Sekcam Margacinta (2005). Dua tahun kemudian saya jadi Sekcam Buah Batu (Kota Bandung) dan 2009 menjadi Camat di Bojongloa Kaler (Kota Bandung).

Di Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bandung, Dedi pernah mengemban tugas sebagai Kasubag Penyusunan Program pada Bagian Pembangunan (2007), Kasubag Adm Pengendalian Program pada Bagian Pembangunan dan SDA (2008), Kabag Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah (2012), Kabag Pembangunan dan Sumber Daya Alam (2014), Kabag. ULP (2017).

Baru tahun 2017, Dedi menjadi Kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung. Kemudian pada 2019 Dedi mengikuti seleksi di Pemerintah Provinsi (Jabar) hingga akhirnya menjabat Kepala Dinas DPM-D dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) pada Juni 2020.

Ayah dari M. Ghatfan Ahyan Sabita dan M. Najwan Daffa Shahzada itu akan resmi bertugas sebagai Pjs Walikota Depok, Senin 28 September 2020.

Selamat bertugas Pak Dedi, meskipun hanya untuk beberapa bulan saja di Kota Depok. (ris)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed