by

Sosok Dibalik Suksesnya J&T Express, Siapa Dia ?

DEPOKRAYANEWS.COM- Mungkin banyak yang kagum melihat gebrakan J&T Express, salah satu perusahaan logistik dan ekspedisi yang tengah berkembang di Indonesia. Awalnya J&T awalnya berwarna merah. Tapi kini muncul lagi J&T berwarna hijau. Hanya sebagai pembeda target market.

Sebagai perusahaan yang memiliki cakupan layanan di seluruh wilayah Indonesia, perusahaan ini dibangun dengan pondasi dan etos kerja yang kuat. Siapa sosok suksesnya J&T ?

J&T Express didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015 oleh founder sekaligus owner J&T Express Jet Lee. J&T yang memiliki nama resmi PT. Global Jet Express mulai beroperasi pada awal September 2015. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Pluit, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Jet Lee adalah CEO Oppo Indonesia dan telah membangun jaringan selama 3 tahun. Ia memutuskan mundur dari jabatan tersebut dan mendirikan J&T Express.

Bersama dengan Tony Chen, founder Oppo lainnya mereka menginvestasikan dana awal Rp. 400 miliar untuk J&T Express. Jet Lee menyebutkan bahwa J&T juga dapat diartikan sebagai Jet & Tony (J&T). Mereka mendirikan perusahaan ekspedisi karena melihat peluang dalam dunia logistik Indonesia yang masih tertinggal. Pengiriman barang juga masih sangat sering terlambat dan tidak sesuai jadwal.

Pengalaman Jet Lee menangani Oppo Indonesia membuatnya memiliki modal berharga untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Ia sudah dapat memetakan jalur-jalur distribusi di Indonesia saat membangun J&T Express. Hanya dalam waktu satu tahun, J&T Express dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Infrastruktur J&T juga dirancang untuk memberikan layanan cepat, aman, dan meminimalisir kesalahan kerja sehingga kualitas layanan tetap terjaga.

Dalam membangun infrastruktur, J&T juga menggandeng Garuda Indonesia Cargo untuk jalur udara, idEA (Indonesian E-Commerce Association) sebagai asosiasi e-commerce di Indonesia, Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia), dan juga Shopee yang mendongkrak pertumbuhan pengiriman J&T Express. J&T juga menggaet Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador sejak 2016, ekspansi ke Malaysia dan Vietnam sejak 2018.

Satu lagi orang yang memiliki kontribusi besar pada J&T Express adalah Robin Lo. Ia adalah tangan kanan Jet Lee saat bekerja di Oppo Indonesia. Pada bulan Oktober 2017, Robin Lo ditunjuk menggantikan Jet Lee sebagai CEO J&T Express yang sebelumnya juga menjabat sebagai managing director. Tugas berat yang diembannya adalah melebarkan pasar bisnis J&T Express.

Menjadi orang kepercayaan Jet Lee, membuat Robin Lo sangat leluasa untuk mengeksplorasi strategi bisnisnya. Berkat strategi Robin yang sangat ekspansif, dalam waktu singkat J&T Express mulai dikenal masyarakat luas. Selain itu J&T juga menjadi penantang serius bagi perusahaan logistik yang sudah beroperasi puluhan tahun.

Apa kunci sukses J&T ?

1. Pelayanan nonstop 24 jam:
J&T melayani nonstop 24 jam setiap hari tanpa hari libur (operasional 365 hari). J&T berkomitmen untuk melayani pengiriman setiap hari tanpa terkecuali baik hari libur nasional, tanggal merah, ataupun cuti. Ini tentunya sangat memudahkan pelanggan.

2. Menjangkau seluruh wilayah Indonesia.
Saat ini J&T telah menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok. Saat ini di seluruh Indonesia telah terdapat 100 pusat pendistribusian paket (gateway) dan memiliki lebih dari 4.000 titik operasi pengantaran paket.

3. SDM yang Unggul:
J&T juga memiliki lebih dari 30.000 sumber daya manusia yang unggul dan terlatih di bidangnya. Terdapat ribuan armada untuk mendukung segala pengiriman lintas pulau di Indonesia.

4. Sistem pantauan real time. Pelanggan dapat melacak paket JNT yang dikirimkan dengan memasukkan nomor resi yang dimiliki secara online di aplikasi atau website. (mad/pelita)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed