by

Walikota Mohammad Idris: Tidak Ada Banjir di Depok , Cuma Genangan Air

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris membantah dikatakan ada sejumlah titik banjir di daerahnya, karena yang ada hanya genangan dari limpahan air sungai di Kabupaten Bogor, khususnya Sungai Ciliwung, dan Sungai Pesanggrahan atau Kali Angke

”Tidak ada banjir, tapi yang ada persoalan genangan air,” kata Idris usai Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi dalam rangka persiapan menghadapi potensi bencana banjir, longsor, dan cuaca ekstrim di wilayah Kota Depok Tahun 2021 di Balaikota Depok, Senin 15 November 2021.

Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi (Banjir, Longsor, dan Cuaca Ekstrim) itu diikuti dinas dan lembaga terkait, yakni TNI, Polri, pemadam kebakaran, Satpol PP, Dinas PUPR, dan PMI.

Menurut Idris, banjir di Kota Depok merupakan limpahan air sungai dari Kabupaten Bogor, khususnya dari Sungai Ciliwung, dan Sungai Pesanggrahan atau Kali Angke. “Kalau ada banjir, itu memang limpahan air sungai dari Kabupaten Bogor,” kata dia.

Untuk mengatasi persoalan banjir limpahan air sungai dari Kabupaten Bogor, Pemkot Depok sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC).

“Tidak ada banjir, tapi yang ada persoalan genangan air. Ini memang pekerjaan rutin dilakukan oleh dinas terkait untuk melihat penyebab dari genangan-genangan air ini. Genangan air di Kota Depok terjadi karena penyempitan dan penyumbatan selokan,” kata Idris.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, kata Idris, sudah mencatat saluran air yang menyempit dan melakukan antisipasi terhadap genangan-genangan air. “Kami sudah siap siaga menghadapi bencana saat cuaca ekstrem seperti ini,” tegas Idris.

Seperti diberitakan sebelumnya, musim hujan yang berlangsung sejak awal November 2021 lalu mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor di 22 titik di Kota Depok. Banjir cukup parah terjadi di wilayah Pasir Putih Sawangan dan Kampung Utan Cipayung.

Dinas PUPR Kota Depok telah memetakan ada 22 titik banjir dan longsor dengan rincian ada tujuh titik longsor maupun amblas dan 15 titik banjir di Kota Depok. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed