by

Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok Terus Meningkat

Walikota Depok Mohammad Idris
Mohammad Idris, Walikota Depok

DepokRayanews.com- Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun menunjukkan berbagai hasil positif.

Salah satunya terlihat pada Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Depok dari tahun 2008 hingga 2017 yang secara keseluruhan mengalami perubahan yang baik.

Demikian pula dengan angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kota Depok dari tahun 2011–2016 yang selalu mengalami peningkatan. Mulai dari 16,23 persen, 17,59 persen, 19,69 persen, 21,54 persen, 23,05 persen, lalu 24,49 persen.

“Tren LPE Kota Depok setiap tahunnya semakin baik. Misalkan, pada tahun 2017, LPE kita mencapai 7,28 persen, jumlah tersebut meningkat sebesar 0,64 persen dari tahun sebelumnya,” kata Walikota Depok Mohammad Idris dalam keterangannya, Jumat (11/5).

Menurut Idris, faktor pendorong LPE salah satunya karena keberadaan para pengusaha yang berinvestasi di sektor perekonomian maupun pembangunan infrastruktur di Kota Depok.

Dari data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, investasi yang paling besar adalah di sektor properti, perdagangan dan jasa, serta pergudangan.

Properti memiliki porsi sebesar 35-40 persen dari total investasi yang masuk di Depok. Diikuti dengan perdagangan 20 persen, jasa 20 persen, dan lain-lain nya sebesar 20 persen.

Untuk menunjang iklim investasi, Kepala DPMPTSP Kota Depok Yulistiani Mochtar mengatakan pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya untuk merangsang investasi di Kota Depok, termasuk menyediakan berbagai informasi yang berguna bagi penanam modal. 

“Misalnya, memfasilitasi promosi investasi yang digelar tahunan atau penyusunan kajian insentif dan disinsentif penanaman modal,” katanya. (adi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *