by

Satu Pasien Terdeteksi Gagal Ginjal Akut Dirujuk ke RSCM Jakarta

DEPOKRAYANEWS.COM- Seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun dirujuk ke RSCM Jakarta karena terdeteksi gagal ginjal akut ke RSCM, setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Kota Depok.

“Kami sudah merujuk satu pasien, satu pasien itu dengan kondisi yang bergejala dan memperlihatkan hasil pemeriksaan penunjang yang mengarah ke sana (gagal ginjal akut) sehingga kami langsung merujuk ke RSCM,” kata Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori kepada wartawan, Selasa 25 Oktober 2022.

Menurut Devi, pasien yang beralamat di Duren Mekar, Bojongsari, Kota Depok itu datang ke RSUD Kota Depok pada 17 Oktober dengan gejala pilek, batuk, dan muntah. Beberapa hari kemudian dirujuk ke RSCM.

“Datang dengan keluhan yang ada itu, pilek panas mual muntah, kami sudah melaporkan kasus ini ke Dinkes. Kan mekanismenya kami hanya melaporkan ke Dinkes, nanti Dinkes lah yang akan melanjutkan,” kata Devi.

Devi mengimbau orang tua tidak memberikan obat dalam bentuk sirup terlebih dahulu bila ada gejala batuk, dan pilek pada anak. “Lebih baik konsultasi ke dokter dulu. Berhati-hati dalam membeli obat,” kata dia.

Untuk pertolongan pertama, Devi menyarankan kembali ke cara tradisional, yakni dengan mengompres anak dan memberi minum yang banyak. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed