by

Depok Masuk Nominasi Kota Kreatif UNESCO 2023

DEPOKRAYANEWS.COM- Kota Depok masuk nominasi jejaring kota kreatif UNESCO Creative City Network (UCCN) 2023. Kota religius itu akan bersaing dengan lima kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk menjadi dua terbaik untuk maju ke tingkat internasional yakni Kabupaten Ponorogo, Kota Bitung, Kabupaten Bantul, Kota Surakarta, dan Kota Salatiga.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Kota Depok mengajukan diri sebagai kota kreatif dengan sektor media arts, terutama aplikasi karena potensi ekonomi kreatif (ekraf) bidang media arts sangat besar. Ini dibuktikan dengan lahirnya banyak startup dari Kota Depok.

“Lebih dari 150 startup ada di Depok mulai dari tingkat lokal, regional, nasional dan internasional,” kata Dadang, Senin 29 Mei 2023.
Menurut Dadang, dalam memajukan ekraf di Depok sudah dilakukan dari hulu ke hilir. Di hulunya, terdapat beberapa sekolah, di antaranya Madrasah Teknonatura yang sudah menerapkan kurikulum belajar abad 21 melalui pendekatan Project Base Learning.

Kemudian berkembang komunitas yang memproduksi banyak startup, seperti kode creative hub dan tersedianya sistem pendanaan untuk pengembangan usaha dari Fundex.

Di hilirnya, peran Pemkot Depok mendukung pengembangan ekraf dalam hal kebijakan. Salah satunya menyediakan wifi gratis di seluruh Rukun Warga (RW), melahirkan wirausaha baru (WUB) serta startup melalui program 5.000 WUB dan 1.000 Perempuan Pengusaha.

“Dampak ekraf khususnya media arts akan menjadi lokomotif bagi sub sektor ekraf lainnya, misalnya kuliner yang bisa dikembangkan pakai aplikasi,” kata dia. (ril)

.

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *