by

Meningkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan Kota Depok Melalui SAPA SABA

Depokrayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris meluncurkan program Sinergitas Perencanaan Partisipatif Pembangunan atau SAPA SABA, saat pembukaan Kick Off Meeting Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023, Selasa 21 Desember 2021.

Menurut Idris, SAPA SABA adalah tahapan proses penyusunan perencanaan dan pembangunan yang menghadirkan heptahelix pembangunan untuk berkontribusi dalam penyusunan perencanaan partisipatif. Bentuk kegiatannya menyapa melalui berbagai media yang ada, serta menyaba dengan turun langsung ke pemangku kepentingan melalui Kongko atau diskusi bersama.

“Untuk meningkatkan kualitas perencanaan yang partisipatif dan kolaboratif telah diterbitkan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 101 tahun 2021 tentang SAPA SABA, sebagai bentuk komitmen daerah dalam melaksanakan collaborative governance,” kata Idris usai membuka kegiatan Kick Off Meeting Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023, di Balaikota Depok.

Program ini, kata Idris, juga salah satu upaya Pemkot Depok dalam merumuskan dan mencari solusi permasalahan pembangunan secara partisipatif. Hasil dari perumusannya akan dituangkan dalam dokumen perencanaan tahunan di Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah maupun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Semoga Program SAPA SABA menjadi inovasi daerah yang dapat menggerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kota Depok,” kata Idris.

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan, pihaknya sudah mulai merealisasikan program SAPA SABA dengan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Isu Strategis. Kemudian, akan dilanjutkan dengan Kolaborasi Bareng Komunitas (Kongko) Pembangunan, dan Forum Kemitraan.

“SAPA SABA melibatkan unsur heptahelix di dalamnya yakni akademisi, bisnis, masyarakat, pemerintah, media, NGO, dan pengamat,” kata Dadang. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *