by

Adi Susanto Pengemudi Ojol yang Mengedepankan Kesehatan dan Keselamatan

DEPOKRAYANEWS.COM– Pekerjaan yang tidak terikat waktu membuat Adi Susanto (36) seorang pengemudi ojek online (ojol) dapat meluangkan waktunya untuk hadir langsung ke lokasi Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Bojongsari Kota Depok.

Adi sengaja datang lebih awal dan ia memilih pada saat jam kerja orang kantoran pada umumnya, supaya tidak mengalami antrean panjang. Adi datang untuk memperbaiki data alamat yang selama ini tidak sesuai.

“Jujur saya sempat khawatir mengenai ketidaksesuaian data alamat pada Kartu JKN saya dan istri. Tapi untuk data NIK dan lainnya semuanya sesuai, hanya alamat saja mungkin karena saya pernah berpindah tempat tinggal tapi tidak melakukan perubahan data ke BPJS Kesehatan,” kata Adi.

Ketika mencabut gigi di Puskesmas Bojongsari belum lama ini, Adi sempet khawatir tidak diterima karena data alamatnya tidak sesuai. Ternyata tetap diterima karena data lainnya sudah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tidak hanya Adi. Istrinya, seminggu lalu sempat dilarikan ke Puskesmas Bojongsari karena mengalami muntaber. Ternyata istrinya tetap mendapatkan pelayanan yang baik dan tertangani dengan cepat. ”Tidak bosan pegawai di Puskesmas Bojongsari mengingatkan saya untuk melakukan perubahan data, walau tetap diberikan pelayanan tapi sebaiknya seluruh data diperbaharui dengan data yang terkini,” cerita Adi.

“Begitu mengetahui bahwa di sini ada pelayanan MCS, saya langsug datang. Apalagi lokasinya dekat dengan kediaman saya. Saya juga ingin segera mengubah data sesuai dengan yang benar dan terbaru. Ternyata yang antusias, bukan hanya saya. Tapi banyak warga lain yang datang ke sini dengan tujuan berbeda,” kata Adi.

Adi sudah lama menjadi peserta JKN. Tidak lama setelah dia menikah dan punya anak. Adi tidak banyak berpikir untuk segera mendaftarkan di Program JKN. Karena dengan terdaftar sebagai peserta JKN, Adi tidak merasa khawatir apabila suatu waktu membutuhkan jaminan kesehatan.

Menurut Adi, di tengah kondisi yang penuh kekhawatiran khususnya setelah pandemi Covid-19, membuat setiap individu lebih mengedepankan kesehatan. Ia juga menyampaikan harapannya agar Program JKN selalu hadir ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *