by

BP JAMSOSTEK Depok Terapkan Program Lapak Asik

BPJS Ketenagakerjaan

Depokrayanews.com- Karena Virus Corona, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK mengaktifkan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) atau pelayanan secara online.

Kepala Kantor BP JAMSOSTEK Depok Indra Iswanto mengatakan layanan Lapak Asik dimulai serentak secara nasional sejak Senin 23 Maret 2020.

“Ini salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan COVID-19, ” kata Indra Iswanto kepada wartawan di Depok, Selasa 24 Maret 2020.

Indra mengatakan, aplikasi Protokol Lapak Asik untuk pengajuan klaim online program JHT dan JKK. Kemudian untuk meminimalisir meluasnya penyebaran COVID-19 di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan unit kerja BPJAMSOSTEK.

Sebab sebelumnya pelayanan yang diberikan kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik.

“Kami harap wabah virus Corona cepat berlalu dan tidak ada lagi yang positif kena corona dan meninggal dunia,” kata dia.

Dalam melakukan pelayanan klaim JHT, peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.

Selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp/sms atau telepon.

Jika yang bersangkutan tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK yang dipilih saat registrasi dan memasukkan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.

Untuk mengurangi interaksi langsung, menempatkan dropbox di luar ruangan lalu semua dokumen yang diterima akan terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan sebelum diserahkan kepada petugas BPJAMSOSTEK di dalam ruangan,” kata Indra menjelaskan.

Adapun pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon/email/videocall.

Selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya juga diberlakukan metode Lapak Asik.

Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi.

Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dengan membawa persyaratan yang ditentukan lalu memasukkan ke dalam dropbox yang disediakan.

Upaya lain yang dilakukan BPJAMSOSTEK mencegah penyebaran covid-19 ialah peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *