by

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Pam Swakarsa akan Dihidupkan Kembali

Depokrayanews.com- Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan menghidupkan kembali pasukan pengamanan masyarakat (Pam Swakarsa) untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas.

“Pam Swakarsa harus lebih diperanaktifkan untuk mewujudkan Kamtibmas. Jadi, kita hidupkan kembali,” kata Komjen Listyo Sigit saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test calon Kapolri di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu 20 Januari 2021.

Menurut Sigit, Pam Swakarsa yang dihidupkan kembali itu nantinya akan terkoneksi dengan kepolisian.

Selain itu, Sigit juga akan menjajaki kerja sama internasioanl guna mewujudkan Kamtibmas dari kejahatan transnasional.

“Pemeliharaan kamtibmas juga dilakukan melalui pengembangan kerja sama internasional, baik pengamanan batas wilayah, pencegahan kejahatan transnasional, dan juga dalam misi perdamaian dunia,” kata dia.

Seperti diketahui, istilah Pam Swakarsa sebelumnya pernah muncul pada 1998. Kelompok sipil ini kali pertama dibentuk atas perintah Wiranto yang kala itu menjabat Panglima ABRI. Tujuannya, membendung protes atas Sidang Istimewa MPR 1998.

Pam swakarsa terdiri atas beberapa organisasi kemasyarakatan. Kelompok ini berkali-kali bentrok dengan pengunjuk rasa yang menentang Sidang Istimewa MPR kala itu. Bentrokan ini berujung Tragedi Semanggi.

Kapolri Jenderal Idham Azis sebelumnya menerbitkan Peraturan Kapolri Nomor 4/2020 tentang Pengamanan Swakarsa tertanggal 5 Agustus 2020.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, mengatakan Pam Swakarsa bentukan Polri kali ini berbeda dengan sebelumnya, meski koridornya sama yakni soal keamanan negara.

Pam Swakarsa baru ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan, kawasan, atau permukiman. Kelompok yang dilibatkan berasal dari pranata sosial atau kearifan lokal.

Misalnya pecalang di Bali, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, siswa Bhayangkara dan, mahasiswa Bhayangkara. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *