by

Kiprah Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta yang Gugat Cerai Dedi Mulyadi

DEPOKRAYANEWS.COM- Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi digugat cerai oleh istrinya, Anne Ratna Mustika yang kini menjadi Bupati Purwakarta. Sidang pertama, kabarnya akan digelar pada 5 Oktober 2022 mendatang di Pengadilan Agama Purwakarta.

Dikutip dari laman resmi purwakartakab.go.id, Anne Ratna Mustika, resmi menjabat Bupati Purwakarta didampingi wakilnya, Aming, pada 29 September 2018. Pelantikan berlangsung di Pemprov Jabar di Gedung Merdeka, Kota Bandung. Saat dilantik sebagai Bupati Purwakarta periode 2018-2023, Anne tengag mengandung anak ketiga.

Anne menjadi Bupati Purwakarta menggantikan Dedi Mulyadi, sang suaminya, yang menjabat Bupati Purwakarta selama dua periode. Ketika menjadi bupati, Dedi Mulyadi menjabat Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat.

Nama Anne memang tidak asing di Purwakarta. Selain sebagai istri bupati, Anne pada 1999, pernah mengikuti ajang Mojang Purwakarta dan menjadi juara. Setelah itu, wanita kelahiran Cianjur ini dipersunting Dedi Mulyadi.

Dari hasil pernikahannya bersama Dedi Mulyadi, Anne dikaruniai tiga orang anak. Sebelum meneruskan jejak suaminya memimpin Kabupaten Purwakarta, berbagai prestasi ditoreh Anne saat menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Purwakarta dengan membuat Galeri Menong. Aneka hasil kerajinan dan kreativitas warga Purwakarta dijual dengan harga bersaing di galeri tersebut.

Darah pemimpin ternyata sudah mengalir dari keturunan keluarga besarnya. Anne adalah keponakan Mantan Bupati Purwakarta Bunyamin Dudih.

Ketika mengikuti ajang Mojang Purwakarta pada Tahun 1999, tidak sulit bagi Anne untuk merebut juara pertama karena latar belakang sosialnya berasal dari desa di kawasan Cianjur Jawa Barat.

Aspek itu merupakan faktor determinan yang menentukan penilaian dewan juri yang kebanyakan berasal dari kalangan budayawan.

“Maklum, saya mah kan dari desa. Jadi sudah biasa dengan uji ‘kaparigelan’ (keterampilan) di acara mojang. Alhamdulillah waktu itu juara satu,” kata Anne seperti dilansir purwakartakab.go.id.

Ciri khas sebagai gadis desa yang tersemat dalam diri Anne membuat Dedi Mulyadi jatuh hati. Anne mendampingi suaminya dalam berbagai jabatan yang pernah diemban. Di antaranya, Anggota DPRD Purwakarta, Wakil Bupati Purwakarta dan Bupati Purwakarta selama dua periode.

Kebersamaan itu dimanfaatkan Anne untuk menimba ilmu dan pengalaman. Alhasil, kini Anne meneruskan kiprah suaminya di Purwakarta. Tapi siapa sangka, kalau kemudian Anne menggugat cerai suaminya, Dedi Mulyadi yang selama ini menjadi mentornya dalam berpolitik. (mad/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *