by

Pemprov DKI Terima 1.174 Tenaga Kesehatan untuk Covid-19

Tenaga medis covid-19

Depokrayanews.com- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerima 1.174 tenaga kesehatan profesional baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka direkrut untuk membantu penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

“Tenaga profesional yang mengikuti seleksi sebanyak 4.859 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, di Jakarta, Selasa 8 September 2020.

Sebagian besar mereka berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Sumut, Sumbar, Riau, Lampung, Bengkulu, NTT, NTB, bahkan ada dari Papua.

Dari 4.859 peserta seleksi itu, sebanyak 1.173 orang telah dinyatakan lolos seleksi dan registrasi. Sebanyak 655 orang di antaranya telah hadir di Jakarta.

“Mereka terdiri dari dokter paru-paru, penyakit dalam, anestesi, dokter anak, spesialis obgyn (kandungan), dokter umum, perawat, bidan, radiografer, ahli teknologi laboratorium medik, surveillance, hingga penyuluh kesehatan,” kata Widyastuti.

Para tenaga medis tersebut akan ditempatkan di beberapa RSUD, UPT Labkesda, Puskesmas, serta di Dinas Kesehatan DKI. Sebagian di RS Swasta.

Tenaga kesehatan profesional untuk penanggulangan Covid-19 terdiri dari dokter spesialis paru dua orang, dokter spesialis penyakit dalam satu orang, dokter spesialis anestesi satu orang, dokter spesialis anak satu orang, dokter spesialis Obgyn tiga orang.

Kemudian dokter umum 140 orang, perawat 740 orang, perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi di Rumah Sakit (IPCN) empat orang, bidan 12 orang, radiografer 14 orang, pranata laboratorium 118 orang, penyuluh kesehatan 89 orang, dan surveilance 49 orang.

Sebelum bertugas, seluruh tenaga kesehatan yang direkrut Anies Baswedan untuk membantu penanganan Covid-19 di Jakarta itu akan menjalani tes cepat (rapid test), dilanjutkan uji usap (swab test) dengan polymerase chain reaction (PCR). (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *