Calon Pengantin Tidak Perlu Khawatir dengan Sertifikasi Pernikahan

Sebarkan :

 

Wapres Ma’ruf Amin.

DepokRayanews.com- Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap masyarakat tidak perlu khawatir terkait wacana diwajibkannya memiliki sertifikat pernikahan.

“Bukan berarti yang enggak punya sertifikat enggak boleh nikah, ini menakutkan. Substansinya yang kita pentingkan,” kata Ma’ruf di Istana Wakil Presiden, di Jakarta Pusat.

Ma’ruf mengimbau para calon pasangan yang akan menikah mengikuti pelatihan pranikah. Ini penting agar para setiap pasangan memiliki mental dan fisik untuk menghadapi kerukunan rumah tangga.

Tidak hanya itu, pelatihan pranikah tersebut juga bisa mencegah terjadinya stunting. Sebab pencegahan harus dimulai dari sejak hamil.

“Maka sosialisasinya harus sebelum hamil. Kalau sudah hamil itu kan sudah masuk. Sebelum hamil itu artinya sebelum nikah, pranikah. Itu penting, juga bagaimana membangun keluarga yang sejahtera,” kata Ma’ruf.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta pemerintah melakukan kajian terhadap wacana sertifikasi pernikahan. Ace meminta pemerintah melibatkan pihak terkait untuk membahas secara matang sebelum menjadi kebijakan.

“Soal sertifikasi pernikahan ini tentu harus dikaji secara matang baik dari segi prosedur maupun substansi. Dari segi prosedur harus dikoordinasikan antara pihak-pihak yang terkait dengan kebijakan ini,” ujar Ace.

Di satu sisi, Ace mengakui pentingnya kesiapan menikah dari segi psikologis, usia dan kesehatan. Dia mendukung agar tidak terjadi pernikahan anak yang dilarang menurut undang-undang.

“Tentang kesiapan seseorang untuk menikah dari segi psikologis, usia dan kesehatan reproduksi tentu harus kita dukung agar jangan sampai ada pernikahan anak yang dilarang menurut ketentuan UU,” kata Ace. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menkeu Sri Mulyani: Penanganan Covid-19 Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Depokrayanews.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, penanganan Covid-19 menjadi salah satu kunci utama agar perekonomian ...