by

Elshe Theresia Jadi Kepala BPJS Kesehatan Depok Gantikan Elisa Adam Pindah Jadi Asisten Deputi Kepwil 5 Jabar

DEPOKRAYANEWS.COM- Elshe Theresia kini menjadi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok yang baru, menggantikan Elisa Adam yang pindah tugas sebagai Asisten Deputi BPJS Kesehatan di Kantor Kedeputian Wilayah atau Kepwil 5 Jawa Barat yang bermarkas di Bandung.

Serahterima jabatan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Kepwil 5 Jawa Barat di Bandung, Jumat 10 Februari 2023.

Sebelumnya, Elshe bertugas di Corporate University BPJS Kesehatan. Elshe juga pernah menjadi Kepala BPJS Kesehatan Kota Jambi.

Sementara Elisa Adam telah bertugas sebagai Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Depok selama 3 tahun. ”Saya bertugas di Depok pas 3 tahun,” kata Elisa Adam kepada depokrayanews.com.

Menurut catatan depokrayanews.com, Elisa merupakan pejabat yang paling lama memimpin BPJS Kesehatan Kota Depok. Pejabat sebelumnya rata-rata hanya 2 tahun. Elisa Adam menjabat Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok disaat Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

Berbagai program telah digelar BPJS Kesehatan Cabang Depok untuk mencapai UHC atau Universal Health Coverage. UHC itu tercapai kalau 95 persen dari jumlah penduduk sudah ikut program JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

”Saat ini sudah 93 persen penduduk Kota Depok ikut program JKN, tinggal sedikit lagi pekerjaan rumahnya untuk bisa meraih UHC,” kata Elisa Adam kepada depokrayanews.com sehari menjelang serah terima jabatan. Ketika pertama Elisa menjadi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, baru 86 persen penduduk Kota Depok yang ikut program JKN.

Salah satu program untuk mendorong percepatan UHC adalah layanan BPJS Kesehatan Keliling yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Sejak Agustus 2022 lalu, layanan BPJS Kesehatan keliling semakin diintensifkan.

Target program BPJS Kesehatan Keliling itu, kata Elisa, adalah untuk mempercepat cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Depok.

“Tidak semua kecamatan atau kelurahan kami datangi. Kami hanya memilih kecamatan atau kelurahan yang cakupan kepesertaannya masih dibawah 90 persen,” kata Elisa.

BPJS Kesehatan Keliling menghadirkan sejumlah layanan seperti pendaftaran peserta, perubahan data peserta dan pemberian informasi. “Kita utamakan pendaftaran peserta mandiri atau PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah),” kata dia.

Elisa berharap Kota Depok segera bisa mencapai UHC. Dengan pengalaman yang dipunyai Elshe, Elisa Adam yakin Depok bisa mencapai UHC dalam waktu yang tidak terlalu lama. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *