by

Pengakuan Nina Deliana : Kalau Tidak Ada Program JKN, Tidak Tahu Bagaimana Nasib Saya Saat Ini

DEPOKRAYANEWS.COM– Terinfeksi virus Covid-19 varian Delta tahun 2021 lalu membuat Nina Deliana (34) sangat terpukul karena berdasarkan informasi tim medis, dia didiagnosa gagal ginjal, diabetes dan hepatitis hasil dari peradangan Covid-19.

Nina dan keluarga sangat sedih dan sempat tidak percaya. Namun tidak bisa dipungkiri karena pada saat itu banyak gejala yang dia rasakan. Tidak sampai disitu, dia harus menjalani isolasi di rumah sakit seorang diri. Nina terpaksa meninggalkan anak semata wayangnya, Fatimah, yang masih berusia empat tahun.

Nina tidak menyangka setelah selesai isolasi, berbagai penyakit tersebut masih perlu ditindaklanjuti, bahkan efeknya masih terasa. Terutama diabetesnya, yang perlu pengobatan rutin setiap bulan. Nina dan anaknya Fatimah merupakan peserta segmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Nina merasa sangat beruntung karena anak dan dirinya bisa menjadi tanggungan suaminya di tempat suami bekerja.

“Kalau tidak ada Program JKN, saya tidak tahu bagaimana nasib saya saat ini. Seluruh pengobatan rutin yang wajib saya lakukan setiap bulan ditanggung dan tidak ada iur biaya sama sekali,” kata Nina.

Tidak hanya Nina, suami dan anaknya merasakan banyak sekali manfaat dari Program JKN. ”Anak saya memiliki alergi sejak kecil dan sampai saat ini berobat menggunakan Kartu JKN. Kejadian tahun lalu membuat saya seolah diberi kesempatan hidup yang kedua,” ungkap Nina.

Nina mengaku pelayanan di fasilitas kesehatan (faskes) sudah sangat baik. Sebagai pasien Program Rujuk Balik (PRB) Nina merasakan pelayanan yang memuaskan baik di Klinik Qita Saja tempat dia terdaftar. Begitu juga di Rumah Sakit Bhakti Yudha Kota Depok tempat dia dirujuk.

Keduanya sama-sama memberikan pelayanan yang memuaskan dan tidak pernah ada iur biaya. Nina terus mengulang rujukannya sesuai dengan prosedur yang ada. Jika semua peserta JKN mau mengikuti prosedur yang ada, maka bisa merasakan manfaaat Program JKN secara nyata.

“Penyakit tidak ada yang datang tanpa alasan. Pola makan dan gaya hidup pasti menjadi salah satu indikatornya. Kejadian yang saya alami ini, menjadi pengingat bagi saya dan keluarga, termasuk banyak orang bahwa sehat itu lebih mahal dari apapun dan penyakit tidak mengenal usia,” kata Nina.

Karena itu, Nina bertekad untuk menerapkan gaya hidup sehat. Bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk anak dan suaminya, supaya bisa melihat anak bertumbuh dengan baik sampai tua.

“Saya mengajak masyarakat luas agar segera terdaftar aktif di Program JKN. Mungkin saat ini belum merasakan manfaatnya tapi tidak ada yang tahu besok atau lusa apa yang terjadi dengan kesehatan kita. Pastikan Kartu JKN kita aktif dan membayar iuran tepat waktu,” kata Nina. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed